Resume Materi Sistem Informasi Website dan e-Jurnal

6:53 PM




Ini adalah resume apa yang saya sampaikan dalam acara Bina Orientasi Mahasiswa (BIOMA) Himatetri Unud pada Jumat, 29 September 2017 bertempat di Ruang Bangsa, Rektorat Lantai 3.

“Barang siapa yang memiliki informasi, dialah pemenang dunia ini”

Informasi adalah hal yang seksi apalagi di era global yang serba terhubung seperti sekarang ini. Dengan perkembangan teknologi kita dapat mengetahui informasi secara lebih lengkap dan cepat. Tentu ini adalah sebuah anugrah  bila melihat dahulu informasi berpindah dari mulut ke mulut. Namun ada kalanya tidak semua informasi dapat menjadi konsumsi publik, dan lebih baik hanya disampaikan lewat cara-cara konvensional.

Di Fakultas kita (FTP), selain melalui papan informasi yang telah disediakan, tentu terdapat website yang memuat informasi akademik-kemahasiswaan. Selain itu, sebagai insan akademik, tiap-tiap jurusan telah menyediakan jurnal ilmiah yang dapat diakses secara elektronik (e-jurnal) yang dapat kita gunakan sebagai dasar berpikir ilmiah. Ta lupa saya juga sampaikan jurnal internasional yang bekerjasama dengan Unud, sehingga dapat menambah keragaman informasi dalam bidang ilmu kita.

Akhir kata saya mengucapkan Selamat datang Agroindustrialist Muda Udayana tahun 2017, dan Selamat Bergabung menjadi keluarga besar Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Universitas Udayana. Berikut dibawah ini adalah poin-poin yang saya sampaikan dalam BIOMA 2017:

Website

Website Internal:
Himatetri Unud: www.himatetriunud.com

Website Lainnya:
Ikatepayana: www.ikatepayana.com
Agroindustri Indonesia: www.agroindustri.id

E-Jurnal

Bidang Ilmu Teknologi Pertanian
Bidang Ilmu Pertanian
Bidang Ilmu Peternakan

Bidang Ilmu Kelautan dan Perikanan
Jurnal Kemahasiswaan dan Pengabdian
Selengkapnya silakan buka OJS.
-------

Jurnal Internasional Kerjasama Unud

Terkait Bidang Ilmu Pertanian (Agrokomplek):

Proquest:
search.proquest.com   

ProQuest Research Library adalah database untuk berbagai bidang, terdiri lebih dari 5.738 judul, lebih dari 4.222 judul Full Text. Untuk menggunakan layanan ini harus memasukan username dan password yang telah diberikan oleh proquest kepada institusi yang telah bekerjasama.

Anmol Publications:
http://www.igpublish.com/anmol-ebooks
Anmol Publications merupakan penerbit buku terbesar di  India. Penerbit ini telah menerbit lebih dari  6000 judul termasuk  multi disiplin ilmu dan ensicopedia dari berbagai bidang dan disiplin. Anmol Publications merupakan salah satu kerjasama Unud untuk database artikel bidang pertanian.
                                      
The Essential Agriculture Library version 2.0 (TEEAL ver. 2.0)
Database bidang Pertanian, mencakup seluruh bidang pertanian, mulai dari ekonomi pertanian dan pengembangan tanaman pangan hingga teknologi pangan dan nutrisi serta manajemen sumber daya alam. Terdiri dari 137 Judul Jurnal Full Text. TEEAL 2.0 di delivery dalam Hard Disk Portable. TEEAL dapat diakses di Perpustakaan Pusat Universitas Udayana.

Lainnya:
Database Ebook Ebrary Academic Complete
Adalah koleksi ebook dapat diandalkan dan disediakan oleh penerbit dan pengarang terkemuka di dunia. Judul-judul di dalam database ebook Ebrary sangat current sampai dengan tahun terakhir penerbitan, mencakup lebih dari 77.000 judul.  Akses melalui Username/Password (Hubungi Perpustakaan Pusat Universitas Udayana)

Nursing Knowledge International (NKI):
http://nki.igpublish.com
Nursing Knowledge International (NKI) merupakan database perpetual ebook bidang keperawatan yang dikembangkan oleh organisasi terkemuka di dunia.

Momentum Press:
http://www.igpublish.com/momentum-ebooks
Momentum Press didirikan tahun 2007. Bidang inti dari database ini adalah  engineering, applied science and technology. Database ini diperuntukkan bagi praktisi, peneliti, mahasiswa dan dosen bidang engineering, science, and industry melalui media tercetak dan elektronik. 

Cambridge International Science Publishing (CISP) is a leading publisher of selected books and journals on materials science, physics, chemistry, applied mathematics, and engineering.

Brookings Institution Press (BIP):
http://brooking.igpublish.com
The Brookings Institution traces its beginnings to 1916, when a group of leading reformers founded the Institute for Government Research (IGR), the first private organization devoted to analyzing economics, business and public policy issues at the national and international level. 

Business Expert Press:
http://www.igpublish.com/bep-ebooks
The Business Expert Press believes executives and business students need reliable, concise information and guidance from experts across the field of business. It offers its readers the very best business books across many disciplines written by leading specialists from around the world. Business Expert Press is business knowledge in academically reliable, yet no-nonsense applied books.

-----
NB: Bila ada yang kurang jelas, silahkan tulis komentar atau kontak saya. Bila bermanfaat, jangan lupa di save (bookmark) dan/atau dibagikan ke rekan-rekannya. Salam berbagi.

You Might Also Like

0 comments

Terimakasih telah berkunjung. Semoga hari anda menyenangkan. Salam hangat,