Review Film: Food.Inc

6:19 PM

Cover Film Food.Inc (2008)

FOOD. INC adalah sebuah film dokumenter yang mengungkap “kejahatan” dibalik produksi pangan agrikultur berskala besar di AS. Film ini berusaha memberikan kritikan pedas kepada industri besar makanan yang ada di sana dengan didukung banyak data dan fakta mengenai proses yang terjadi dalam industri makanan tersebut. Film ini mengungkap bahwa daging dan sayur mayur yang dihasilkan oleh perusahaan multinasional di sana memiliki banyak dampak bagi masyarakat luas karena makanan tersebut ternyata tidak sehat sehingga berakibat banyak “biaya tersembunyi” setelahnya, selain membahayakan bagi tubuh juga membahayakan lingkungan.

Film yang diproduksi tahun 2008 ini digarap oleh sutradara pemenang Emmy Award, Robert Kenner, didasarkan pada laporan investigasi Eric Schllosser, penulis buku “Fast Food Nation”. Film ini menampilkan Michael Pollan dan Eric Schlosser sebagai narator, dua kritikus model pertanian ala pabrik. Film ini tentu saja mendapat perlawanan, terutama dari perusahaan – perusahaan multinasional yang dibahas di dalam film dengan menolak untuk diwawancarai untuk film, termasuk penolakan akses ke pabrik pengolahan milik korporasi multinasional tersebut.

Film yang dibagi dalam enam segmen ini layak mendapat perhatian kita bersama, karena bisa jadi makanan yang kita makan sama parahnya dengan keadaaan makanan di negeri sana.

Sebelum mengulas masing – masing segmen yang saya tempatkan di halaman khusus jurnal ini, dan kemudian ditutup dengan acara nonton bareng di halaman terakhir, mari kita simak reportase dari VOA Indonesia berikut ini:



Baca selanjutnya: Review per segmen dalam Film
Pages: 1 2

You Might Also Like

1 comments

Terimakasih telah berkunjung. Semoga hari anda menyenangkan. Salam hangat,