Thanks to Slow Food Youth Network Bali

5:25 PM

Good, Clean and Fair Food

Slow Food Youth Network Bali (SFYN Bali) adalah sebuah komunitas yang terbentuk dibawah convivium SlowFood Bali. Kamunitas ini begelut untuk mengembangkan produk-produk lokal yang dalam susana kekinian pamornya kian terpinggirkan dengan makanan cepat saji atau junk food. Dalam ideologi slow food, makanan tidak hanya harus dalam keadaan baik atau layak makan (good), bersih (clean), namun juga memiliki nilai keadilan antara konsumen dan produsen makanan untuk saling mengenal dan bagaimana produk tersebut dihasilkan (fair).
 
Tanggal 12 Desember 2013 SFYN Bali resmi di launching ke publik. Bertempat di ruang Seminar Fakultas Teknologi Pertanian, Gedung Agrokomplek Lantai 3 Universitas Udayana, acara berjalan dengan lancar. Diawal acara diisi dengan penjelasan apa itu Slow Food Internasional dan Slow Food Bali oleh Miss Merry, dan Bli Dewangga menjelaskan apa itu SFYN Bali. Diakhir acara diisi dengan penyematan pin pertanda bahwa pergerakan kami segera dapat dimulai. Sungguh senang dan bangga dikala itu dapat berdiri sejajar dengan mantan persiden BEM UNUD, wirausaha muda denpasar, penggiat-penggiat pertanian baik pra dan pascapanen termasuk dosen-dosen yang kece. Ditekankan pula oleh miss merry bahwa SFYN adalah pergerakan Slowfood pada generasi muda, khususnya di Asia Tenggara, Bali adalah daerah yang pertama melaunching SFYN. Keren! Terlintas dalam pikiran. Namun tanggung jawab besar akan segera datang, yah sebagai masyarakat Asia, mau ga mau harus bergaul dengan Masyarakat Ekonomi Asian (AEC).

Acara pertama setelah launching adalah penguatan internal dan menjaring member baru. Sekali waktu dikala weekend kami bersama-sama berkunjung ke Ubud, Gianyar untuk menentukan program kedepan dan sekaligus refresing. Alih-alih mampir ke rumah Miss Merry, akhirnya kita nongkrong dipinggiran sawah dekat sawah organik warga. Nongkrong ditemani pudding pepaya karya om dewaangga :v Gowes dan membuat video dokumentasi, menikmati indah alam dan udara segar dengan hijau padi yang luas, itulah yang masih terlintas dalam ingatan. Ya sederhana, simple namun bermakna.

Selanjutnya ada kegiatan Add Hock yaitu seminar mengenai sorgum. Apa itu sorgum? Pokoknya itulah yang semacam gandum, bisa dimakan untuk pengganti beras yang menjadi makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Dalam seminar hadir Ibu Maria yang merupakan inspirator pengembangan sorgum di tempat kelahirannya, NTB. Sayanagnya saat seminar berlansung saya tidak bisa mengikuti karena sedang sakit di kampung halaman, jadi kita lanjut aja yah ke event selanjutnya :D

Acara terakhir yang saya ikuti adalah Agricuulture Expo, yah kita bangun stand SFYN Bali disini kawan. Dalam 3 hari acara, yakni 27-29 Maret 2015 kita memajang buah-buah yang keberadaannya telah sulit dicari di pasaran, namun merupakan asset makanan lokal kita. Ada yang tau kaliasem, ceroring, kem, lempeni, melisah, sentul, badung, boni, gatep? Sebennernya sih ada yang lain lagi tapi saya lupa karena namanya yang aneh dan tidak pernah saya temui sebelumnya. Intinya acaranya sukses walau ada kendala-kenala teknis, tapi tidak mengurangi makna acara. Banyak penggiat pertanian yang mampir juga, trimakasih masukannya akan kami tampung dan coba realisasikan.

Sedikit cerita ini saya persembahkan kepada teman-teman saya seperjuangan di SFYN Bali, maaf bila ada salah-salah kata atau perbuatan. Pengalaman ini akan selau saya diingat. Kalian semua keren-keren :D Senang mengenal kalian dan semoga kita bisa menjadi keluarga baru di komunitas ini. Trimakasih juga kepada kawan-kawan yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk belajar disini. Tidak ada kata yang bisa terucap lagi selain trimakasih. Semoga diri ini bisa berproses dari ulat menjadi kupu-upu yang indah.

Salam Good, Clean dan Fair Food.

You Might Also Like

2 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih masukannya. Kedepan akan saya cek lebih teliti lagi sebelum di post. :)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung. Semoga hari anda menyenangkan. Salam hangat,