Mimpi Kami akan LPM Kampus Hijau Muda

12:47 AM

Hai kawan-kawan civitas akademika Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, perkenalkan saya Teddy Pradana, mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Pertanian angkatan 2013 dan perkenalkan juga patner saya kali ini, Yuna Keny Faradita Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan yang juga angkatan 2013. Nah disini kami ingin menyampaikan usulan ide kami yakni membangun lembaga pers mahasiswa di lingkungan fakultas kita tercinta, FTP. Mungkin akan banyak muncul pertanyaan mengapa kami ingin membentuk lembaga ini, bagaimana kegiatannya kedepan, dan berbagai pertanyaan lain yang mungkin ada di pikiran kawan-kawan. 


Baik, pertama disini kami akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai apa itu Lembaga Pers Mahasiswa atau sering disingkat LPM. LPM adalah suatu lembaga baik itu dilingkungan Universitas maupun Fakultas yang dimana kegiatannya menitik beratkan pada bidang jurnalistik. Kawan-kawan tentu tidak asing dengan Akademika kan? Yah Akademika adalah LPM Universitas Udayana. Kemudian pada tataran fakultas ada Maestro milik Teknik, Pcyco punya Kedokteran, Klorofil dari Pertanian, Ekonomia milik Ekonomi, Kerta Aksara milik Sastra, Suara Satwa kepunyaan Kedokteran Hewan serta Linimasa milik FISIP. Sejauh ini sih kami berdua baru mengenal LPM tersebut, mungkin di Fakultas yang belum kami sebut ternyata ada, maaf yah mari selanjutnya kita kenalan, hehe. Nah FTP mana nih LPM nya? Ternyata kita belum punya yah bro. But, wait, mungkin sebelum lanjut lagi,  ada pertanyaan nih muncul, seberapa pentingkah LPM itu bagi perkembangan Fakultas? Oke selanjutnya akan kami bahas :)

Mungkin kawan-kawan yang seangkatan dengan kami atau yang lebih tua masih ingat dengan beberapa problematika yang terjadi di Kampus kita, mulai dari pergesekan saat pemilu raya BEM FTP, Musma SENAT, atau kebijakan eksekutif seperti Suka-duka dan pembuatan acara seperti SOSLIMAS dan KUIL Fakultas. Mungkin dikala salah satu isu ini sedang hangat-hangatnya dulu merasuki masyarakat FTP, akan ada banyak persepsi yang menimbulkan bias, pro dan kontra apalagi bila ada kepentingan oleh pihak-pihak tertentu, maka informasi yang benar bisa jadi salah dan yang salah didorong jadi benar. Disinilah pentingnya pers untuk memberikan informasi yang benar dan independent berdasarkan fakta-fakta dan atau wawancara dengan pihak terkait. Dari informasi yang benar maka kita akan dapat membawa FTP kearah kemajuan, salah ya kita akui salah dengan intropeksi diri, dan jikalau benar kita sambut dengan apresiasi, begitulah pandangan kami berdua. Kita tidak ingin adanya informasi yang salah atau keliru, adanya hasutan dari beberapa kelompok orang, yang kemudian berujung pada perpecahan diantara jurusan, kami tidak menginginkan yang seperti itu. Bukankah kita satu FTP kawan? :D

Oke selanjutnya, kami sering mendengar senda gurau kawan-kawan lain fakultas bila sedang bersama-sama mengikuti kegiatan Universitas. Mungkin ilustrasi percakapannya seperti ini yah.

”Hai kenalin, aku Teddy”
“Hai juga, Aku Bunga, dari FK, kamu dari mana?”

Kemudian saya jawab
“Aku FTP” atau “Saya dari Kampus Hijau Muda”

Kemudian sebagian besar dari mereka paling sering menjawab
“apa tu? atau “dmna tu?” atau “udayana?”

Pada level yang lebih tinggi jawaban mereka adalah
“Oh iya, kampus yang ada orang gantung diri?” atau
“Oh FTP yang acara suka duka masuk koran?” atau
“FTP ya, tau kok, yang kampus pangan keracunan pangan itu kan?”* (*acara BISMA 2012)

Well, beberapa jawaban yang membuat sakit hati sih emang, yah kita harus mengakui bahwa kampus kita pernah melalui hal tersebut. Tapi, apakah hanya hal tersebutkah yang sampai di telinga masyarakat luar? Bukankah kita kampus yang besar? Kampus yang katanya sudah berusia 30 Tahun gitu. Apakah hanya itu yang kita punya? No. . No . . No . .

Kita memiliki Juara Mahasiswa Berprestasi Udayana, kita punya Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Pemerintahan Mahasiswa Udayana, Kita punya mahasiswa-mahasiswa lulusan terbaik UNUD, Kita punya mahasiswa yang sedang atau sudah pulang dari student exchange Universitas Luar Negeri, kita punya Jegeg Bagus FTP lo, kita punya acara-acara kampus yang keren, kita punya guru besar dan dosen-dosen yang memiliki jabatan penting di tataran Universitas atau Indonesia, aktif dalam penelitian-penelitian dan juga desa dampingan. Yah kita Punya Kawan! Masih banyak juga hal-hal baik kita, yang belum di ekspose keluar, itu masalahnya.

Dan inilah alasan kedua kami, yakni ingin memberikan apresiasi  kepada seluaruh civitas/insan terbaik FTP, dengan pemberitaan, lewat suara pers!
Lewat suara pers kita dapat memberikan informasi bahwa kampus kita memiliki berbagai potensi, berbagai sarana prasarana yang menunjang, lingkungan belajar,  lulusan-lulusan terbaik, Yah kita punya banyak hal yang dapat dibanggakan dan diapresiasi keberadaanya. Karena, Penghargaan itu penting kawan! Kita tidak ingin dikampus kita akan ada “Habibie baru” karena tidak dihargai di tempat asalnya, ia berkarya di “tanah” orang lain bukan?. 

Kemudian, rencana ini ingin kami lakukan melihat banyaknya jumlah mahasiswa angkatan aktif (2013 dan 2014) yang memiliki berbagai potensi, khususnya bidang jurnalistik dan keadaan mereka yang belum terwadahi sampai saat ini. Kami juga mempertimbangkan hasil Musyawarah Organisasi Kemahasiswaan (MOK) FTP UNUD yang memutuskan masa bhakti lembaga-lembaga kemahasiswaan di lingkungan FTP menjabat sampai desember 2015. Hal ini berarti seluruh angkatan 2014 tidak dapat mengabdi pada salah satu organisasi kemahasiswaan FTP walau sudah mengikuti LKMM & Soft Skill sampai akhir tahun 2015 (+ 1 Tahun). Jadi dengan adanya LPM kami ingin memberikan wadah bagi insan-insan terbaik FTP yang memiliki potensi untuk pembangunan FTP tentunya. Daripada potensi yang ada digunakan oleh orang lain/luar, kita seharusnya memanfaatkannya lebih dahulu untuk kemajuan kampus kita :)

Yaps, kami kira segitu dulu ulasan singkat alasan kami ingin membangun Lembaga Pers Mahasiswa di Fakultas Teknologi Pertanian. Perihal nama dan hal teknis lain di lembaga ini kelak, kita akan rundingkan bersama. 

Om Awignamastu Nama Shidam
Semoga cita-cita ini dapat terwujud dan harapan kita bersama untuk kemajuan FTP dapat terlaksana.
Salam Persma!
Teddy-Yuna

You Might Also Like

3 comments

  1. Tidak hanya untuk memajukan dan memberikan citra baik pada FTP sih, tapi LPM ini bisa jadi alat untuk menyampaikan pada dunia kalau Jurusan yang kita pilih di FTP itu hebat. Saya sering kesel dengan pernyataan orang yang merendahkan nama fakultas/jurusan kita, karena isi ‘pertanian’, orang bilang pertanian itu ‘kurang memberikan prospek cerah’ bagi kehidupan. Padahal hasil pertanian atau pangan adalah suatu yang fundamental karena selalu dibutuhkan umat manusia. Apa jadinya kalau tidak ada pangan/makanan?Makanya ada orang bilang, “orang yang menguasai pangan adalah orang yang menguasai dunia”. Jadi, jangan merasa kurang pede dengan jurusan yang kita pilih di FTP, jangan merasa seperti kapal yang terhanyut dalam sapuan gelombang laut dan tak pernah menepi ke dermaga. Lewat LPM, ini kita bisa menceritakan inovasi – inovasi yang mahasiswa teknologi pertanian ciptakan untuk memajukan sistem pertanian kita (dari segi teknik, manajemen, atau pengolahannya). Kita akan sungguh berguna kelak. Mungkin, nanti kita bisa bekerja sebagai jurnalis dalam bidang pertanian guys. #AntusiasUntukBergabung

    ReplyDelete
  2. Setuju banget ni ama komentar di atas. toh kita semua masih makan nasi..
    @teddy keren broo artikelnya. smoga dngan adanya lpm pers ftp ini dapat menjadi pelita ketika bias isu yang di landasi kepentingan menyapa. . smangat broo. mau dong ikutan :)

    ReplyDelete
  3. saya setuju. dengan adanya LPM,kegiatan fakultas kita akan semakin menyenangkan dan tidak monoton. Tidak hanya ikut kepanitiaan habis itu hilang tetapi dgn mengikuti organisasi ini, selain kebersamaan antar jurusan makin erat kemampuan dan bakat menulis anak2 FTP dapat tersalurkan.
    Semangat Teddy-Kenny :) :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung. Semoga hari anda menyenangkan. Salam hangat,